Sosialisasi Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Selasa 10 September 2019 bertempat di Aula Kantor Kecamatan  Magelang Utara. Dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Magelang Utara Drs. Susilo. Dihadiri 50 orang perwakilan RT, RW di Kecamatan Magelang Utara.

Menghadirkan narasumber Iptu Satya Kanit Humas Polsek Magelang Utara, Yulis Endarwati dari BP4KB Kota Magelang.

Kata Kesetaraan Gender sering sekali kita dengar di era reformasi sekarang ini. Tapi sayangnya tidak semua orang benar – benar mengetahui arti dan makna yang sebenarnya dari kata resebut.

Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas) serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

Terwujudnya kesetaraan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki, dan dengan demikian mereka memiliki akses, kesempatan berpartisipasi, kontrol atas pembangunan dan memperoleh manfaat yang setara dan adil dari pembangunan.

Adapun indikator kesetaraan gender adalah sebagai berikut:

Akses          ; adalah peluang atau kesempatan dalam memperoleh atau menggunakan sumber daya tertentu. Adil dan setara antara perempuan dan laki-laki,

Partisipasi     ; merupakan keikutsertaan atau partisipasi seseorang atau kelompok dalam kegiatan dan atau dalam pengambilan keputusan. Perempuan dan laki-laki apakah memiliki peran yang sama dalam pengambilan keputusan di tempat yang sama atau tidak.

Kontrol       ; adalah penguasaan atau wewenang atau kekuatan untuk mengambil keputusan. Dimana pemegang jabatan tertentu sebagai pengambil keputusan tidak didominasi oleh gender tertentu.

Manfaat        ; adalah kegunaan yang dapat dinikmati secara optimal. Keputusan yang diambil memberikan manfaat yang adil dan setara bagi perempuan dan laki-laki.