MUSRENBANG ANAK

3 Februari 2020, Untuk pertama kalinya, Kecamatan Magelang Utara menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (MUSRENBANG) Forum Anak. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Magelang Utara. Dipimpin langsung oleh Camat Magelang Utara M. Yunus , AP.MH, didampingi oleh Sekretaris Kecamatan Mageng Utara, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Kecamatan Magelang Utara.

Dihadiri oleh OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Magelang antara lain, Bappeda, Dinas Pendidikan, KPAD, DP4KB, dan peserta sekitar 50 orang siswa/siswi perwakilan dari sekolah se-Kecamatan Magelang Utara yang berasal dari beberapa tingkatan yaitu SD, SMP dan SMA/Sederajat serta anggota dari Forum Anak di Kelurahan dan Kecamatan Magelang Utara.

Kegitan yang bertujuan untuk menampung aspirasi dan masukan dari peserta Forum Anak, juga guna mendukung pembangunan Kota Magelang yang Ramah Anak. Serta untuk mewujudkan Program Pembangunan Kota Magelang Layak Anak Tahun 2021, dan Indonesia Layak Anak Tahun 2030.

Bapak Drs. Andi Muharto, MM Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak  dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencanan ( DP4KB) Kota magelang, menyampaikan hak apa saja yang diperoleh sebagai seorang anak. Selain itu juga memberikan informasi adanya Komisi Perlindungan Anak di tingkat daerah yang mempunyai tugas untuk mengawal dan mengawasi pelaksanaan perlindungan anak yang dilakukan oleh para pemangku keawjiban perlindungan anak sebagaimana telah ditegaskan pada Undang-undang perlindungan anak.

Diharapkan dengan adanya penyampaian informasi tersebut anak-anak yang tergabung dalam forum anak dapat memanfaatkan pelayanan yang telah disediakan oleh KPAI jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Atau untuk berkoordinasi mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk mendukung Forum  Anak.

Di tahun 2019 Kota Magelang telah meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak Kategori Nindya. Harapannya dengan semakin ditingkatkannya kegiatan – kegiatan untuk Forum Anak baik dari tingkat Kelurahan maupun hingga Forum Anak Tingkat Kota, maka Predikat Kota Magelang sebagai Kota Layak Anak dapat semakin tercapai dan terpenuhi.