Tirakatan Hari Jadi Kota Magelang

KEGIATAN MALAM TIRAKATAN MEMEPERINGATI HUT KOTA MAGELANG KE-110

 

Hari Jadi Kota Magelang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, bahwa tanggal 11 April 907 Masehi merupakan hari jadi. Dalam memperingati Hari Jadi Kota  Magelang  Ke-1110 diadakan malam tirakatan pada hari Minggu, tanggal 10 April 2016 di Kelurahan Potrobangsan. Dalam acara ini hadir para Ketua  RT /RW, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, LPM dan yang lainya.

Acara ini merupakan acara untuk mengingat kembali sejarah-sejarah tempat atau desa di wilayah Kota Magelang sehingga menjadikan wilayah yang sekarang disebut sebagai Kota Magelang. Untuk menelusuri kembali sejarah Kota Magelang, sumber prasasti yang digunakan adalah prasasti Poh, prasasti Gilikan dan prasasti Mantyasih. Ketiganya merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga.

Parsasti POH dan Mantyasih ditulis zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung (898-910 M), dalam prasasti ini disebut-sebut adanya Desa Mantyasih dan nama Desa Glangglang. Mantyasih inilah yang kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah menjadi Magelang.