Penyerahan Bantuan Pangan Non Tunai

Kegiatan Penyerahan Kartu Bantuan Pangan Non Tunai untuk wilayah Kecamatan Magelang Utara merupakan salah satu bentuk inovasi dalam hal penyaluran bantuan kepada warga yang kurang mampu.  Pada tahun-tahun sebelumnya, bantuan raskin diserahkan kepada warga kurang mampu dalam bentuk beras seberat 15 kg melalui para kader RW kelurahan setempat yang selanjutnya disalurkan di tiap RW. Tujuan kegiatan ini adalah memperbaharui sistem pembagian bantuan Beras Miskin (Raskin) pada tahun-tahun sebelumnya di tiap kelurahan, dan diharapkan bantuan dapat lebih tepat sasaran.

Kegiatan Penyerahan Kartu Bantuan Pangan Non Tunai untuk wilayah Kecamatan Magelang Utara dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 1 Maret 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Gedung Pertemuan Kelurahan Kramat Selatan. Hadir dalam kegiatan tersebut Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) di wilayah Kecamatan Magelang Utara sebanyak 1092 orang, terbagi atas RTS-PM wilayah Kelurahan Kramat Utara (78 orang), RTS-PM wilayah Kelurahan Kramat Selatan (244 orang), RTS-PM wilayah Kelurahan Kedungsari (228 orang), RTS-PM wilayah Kelurahan Potrobangsan (263 orang), RTS-PM wilayah Kelurahan Wates (279 orang) dengan alokasi waktu Penyerahan Kartu Bantuan Pangan Non Tunai untuk para RTS-PM adalah Kelurahan Kramat Utara, jam 08.00 s/d 08.30 WIB, Kelurahan Wates, jam 08.30 s/d 10.30 WIB, Kelurahan Kedungsari, jam 10.30 s/d 12.00 WIB, Kelurahan Potrobangsan dengan OPD pengampu Dinas Sosial Kota Magelang.

Inovasi kegiatan ini mendasarkan pada keterangan dari warga selaku RTS-PM maupun dari Tim Pemeriksa, bahwa penyaluran bantuan model sebelumnya sangat rentan salah sasaran, karena RTS-PM yang berhak atas bantuan beras seberat 15 kg tidak akan menerima utuh sejumlah itu, jatah 15 kg tersebut akan dibagi lagi kepada warga lain yang tidak masuk dalam daftar RTS-PM, pembagiannya pun bervariasi, ada yang dibagi per 3 kg atau 5 kg, sehingga apabila dibagi dalam 3 kg, maka selain 1 (satu) orang RTS-PM, maka akan ada 4 (empat) orang lagiyang akan mendapatkan jatah 3 kg tersebut. Satu karung 15 kg yang seharusnya hanya untuk 1 (satu) orang RTS-PM, justru dibagi lagi menjadi 5 (lima) orang penerima, otomatis akan sangat mengurangi jatahyang seharusnya diterima oleh yang berhak.

Tahun 2017 ini, sistem penyerahan bantuan diubah dengan model kartu bantuan non tunai yang berwujud seperti kartu ATM, dan pencairan bantuan dilakukan melaluie-warung (warung elektronik) yang telah ditunjukdi wilayah per kecamatan. Bantuan dapat disalurkan secara langsung kepada yang berhak menerimanya. Kartu ini seperti halnya kartu ATM yang dilengkapi dengan kata kunci (password) untuk dapat mencairkan dana sehingga hanya yang berhak saja dan namanya tercantum dalam kartu tersebut yang dapat membuat serta mengetahui password nya. 

Bantuan tersebut dapat dicairkan tiap bulan oleh RTS-PM yang bersangkutan di e-warung Jatayu, yang berlokasi di Gumuk Rejo RT.001/RW.004 Kelurahan Potrobangsan  (untuk para RTS-PM di wilayah Kecamatan Magelang Utara), sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan  dari Dinas Sosial Kota Magelang.