Penyuluhan Kesehatan Balita

 

Sebagai upaya peningkatan kesehatan ibu balita, Kelurahan Kedungsari mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Balita pada hari Jum’at tanggal 15 April 2016. Acara tersebut menghadirkan dua orang narasumber dari Puskesmas Magelang Utara. Sebagai peserta adalah para kader Posyandu di lingkungan Kelurahan Kedungsari, ibu-ibu balita, perwakilan forkom lansia, PKK, dan pos bindu.

Acara diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan sambutan oleh Sekretaris Kelurahan Kedungsari, Bapak Sugeng Sunarso. Pada kesempatan tersebut Bapak Sugeng Sunarso menyampaikan permohonan maaf dari Lurah Kedungsari yang tidak dapat menghadiri acara dikarenakan adanya acara yang bersamaan. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta penyuluhan serta berharap bahwa nantinya para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita di wilayah Kelurahan Kedungsari.

Ibu Sri Surati, Amd.Keb  dari Puskesmas Magelang Utara melanjutkan acara dengan memberikan materi kelas Ibu Balita. Kelas ibu balita adalah kelas dimana ibu mempunyai anak berusia antara 0 – 5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi, dan stimulasi pertumbuhan san perkembangannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA. Tujuan diadakannya kelas ibu balita adalah diantaranya meningkatkan kesadaran pemberian ASI secara eksklusif, meningkatkan pengetahuna ibu akan imunisasi bayi, pemberian MP-ASI, meningkatkan kemampuan ibu memantau pertumbuhan dan stimulasi perkembangan balita, perawatan gigi balita, penyakit, pencegahan, dan perawatan balita.

 

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Heni Yuniarti, S.Kes.MPH. pada kesempatan kali ini para peserta diberikan materi tentang imunisasi lengkap bagi balita. Materi tersebut meliputi tujuan, jenis dan jadwal pemberian imunisasi lengkap pada bayi kurang dari satu tahun. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yaitu Difteri, Pertusis, Tetanus, TBC, Campak, dan Polio.