Pelatihan Tenaga Pendidik PAUD

 

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di lingkungan Kelurahan Kedungsari, maka Kelurahan Kedungsari menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tenaga Kependidikan PAUD. Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 7 April 2016.

Acara yang berlangsung di Balai Kelurahan Kedungsari tersebut dihadiri oleh para tenaga pendidik PAUD dan TK yang berada di wilayah Kelurahan Kedungsari. Sebagai narasumber adalah Ibu Any Reputrawati, S.Psi, dan Ibu Tridadi Sarjono Lestariningsih, M.Pd.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh pembawa acara yang dilanjutkan dengan sambutan Lurah Kedungsari. Dalam sambutannya, Bapak Samsul Hermansyah, Bc Hk mengucapkan terimakasih atas partisipasi para pendidik PAUD maupun TK yang bersedia hadir dan mengikuti kegiatan ini. Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan para pendidik memiliki wawasan dan kemampuan yang lebih dalam mendidik anak-anak didik dan dapat memberikan contoh pada pendidik maupun masyarakat luas untuk mendidik anak dengan lebih baik.

Materi pertama dengan tema “Mendidik dengan Cinta” disampaikan oleh Ibu Any Reputrawati, S.Psi. Dalam materi tersebut disampaikan bahwa dalam mendidik anak perlu adanya komunikasi yang positif dengan didasari cinta dan kasih sayang. Mendengarkan anak bicara, memberikan respon yang dibutuhkan anak, dan menggunakan bahasa verbal dan non verbal yang positif merupakan kebiasaan mendidik anak yang positif.

Materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Tridadi Sarjono Lestariningsih, M.Pd. Narasumber menyampaikan bahwa dalam Pendidikan PAUD perlu dilakukan dengan pendekatan saintifik yaitu membengun cara berpikir agar anak memiliki kemampuan menalar yang diperoleh melalui proses mengamati sampai pada mengkomunikasikan hasil pikirnya.

Acara pelatihan ditutup dengan doa bersama pada pukul 12.30. Selepas dari pelatihan ini, para pendidik PAUD di wilayah Kelurahan Kedungsari mampu menerapkan pengetahuan yang didapat sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak.