PELAYANAN UMUM

            Penataan struktur organisasi Kecamatan di Kota Magelang  dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Magelang Nomor 6 Tahun 2008 tentang Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Kecamatan dan Kelurahan. Peraturan Daerah tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Walikota Magelang Nomor 23 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi, dan Rincian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Kecamatan dan Kelurahan.
             Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil   (Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 222); Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil; Peraturan Walikota Magelang Nomor 29 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Magelang Nomor 47 Tahun 2011 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat dan Keputusan Walikota Magelang Nomor 138/180/112 Tahun 2015 tentang Rincian Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota di Bidang Perizinan Kepada Camat. Dan untuk saat ini beberapa pelayanan yang diberikan di Kecamatan Magelang Utara antara lain:
Kartu Keluarga

KK BARU
PENGANTAR PEMBUATAN KARKTU KELUARGA (KK) BARU

  • Pengantar RT/ RW
  • Formulir KK dan Biodata dari Kelurahan
  • Surat Kedatangan (Surat Pindah dari Daerah Asal)
  • SKCK dari Daerah Asal
  • Akta Perkawinan/ Perceraian
  • Akta Kelahiran/ Kenal Lahir/ Surat Keterangan Kelahiran/ Akta Pengangkatan Anak


  • KK PERUBAHAN/ PEMISAHAN
    PENGANTAR PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) PERUBAHAN/ PEMISAHAN KK
  • Pengantar RT/ RW
  • Formulir KK dan Biodata dari Kelurahan
  • Kartu Keluarga Lama
  • Akta Perkawinan/ Perceraian
  • Akte Kelahiran/ Surat Keterangan Kelahiran/ Ijazah Sekolah
  • Formulir Pernyataan Perubahan Data Penduduk Bagi yang Berubah (Bermaterai Rp. 6.000,-)
  • Surat Keterangan Pindah SKCK bagi Penduduk Datang


  • KK KARENA HILANG/ RUSAK
    PENGANTAR CETAK KARTU KELUARGA (KK) KARENA HILANG/ RUSAK
  • Pengantar RT/ RW
  • Pengantar Permohonan dari Keluahan
  • Fc KK Lama
  • Surat Kehilangan dari Kepolisian
  • KTP

    KTP BARU PENGANTAR KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) BARU

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir KTP dari Kelurahan
  • Fc Kartu Keluarga Baru
  • Fc Akta Kelahiran
  • Pas Foto Ukuran 3 X 4 = 2 Lembar
      • Latar Belakang Merah = Tahun Kelahiran Ganjil
      • Latar Belakang Biru = Tahun Kelahiran Genap


    KTP PERPANJANGAN PENGANTAR PEMBUATAN KTP PERPANJANGAN / HILANG / RUSAK
  • Pengantar RT / RW
  • Formulir KTP dari Kelurahan
  • Fc Kartu Keluarga Terbaru
  • KTP yang Habis Masa Berlaku (bagi yang Perpanjangan)
  • Surat Keterangan dari Kepolisian (bagi yang hilang)
  • Pas Foto = Pembuatan KTP Baru


  • KTP HILANG/ RUSAK PENGANTAR PEMBUATAN KTP HILANG / RUSAK
  • Pengantar RT / RW
  • Formulir KTP dari Kelurahan
  • Fc Kartu Keluarga Terbaru
  • KTP yang Habis Masa Berlaku (bagi yang Perpanjangan)
  • Surat Keterangan dari Kepolisian (bagi yang hilang)
  • Pas Foto = Pembuatan KTP Baru
  • KELAHIRAN

    SURAT KETERANGAN KELAHIRAN
    PENGANTARA SURAT KETERANGAN KELAHIRAN

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir Surat Kelahiran dari Kelurahan
  • Kartu Keluarga (KK) Asli Orang Tua
  • Fc. Surat Akta Perkawinan
  • Fc Ktp Orang Tua
  • Fc Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter / Bidan /Rumah Sakit/RSB


  • AKTA KELAHIRAN BARU
    LEGALISASI PENGANTAR PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN BARU
  • Pengantar RT /RW
  • Pengantar dari Kelurahan
  • Fc Surat Nikah / Akta Perkawinan (dilegalisir KUA / Dispendukcapil )
  • Fc KTP Orang Tua (Menunjukan Asli )
  • Fc KTP 2 Orang Saksi
  • Fc Kartu Keluarga yang sudah ada Nama Bayi
  • Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
  • KEMATIAN

    PENGANTAR SURAT KETERANGAN KEMATIAN

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir Surat Kematian Dari Kelurahan
  • Kartu Keluarga (KK) Asli dimana yang Meninggal Terdaftar
  • Ktp Asli yang Meninggal
  • Surat Keterangan Visum Et Repertum dari Dokter Puskesmas / Rumah Sakit atau Surat Keterangan Lainya
  • Surat Tanda Melapor Diri (STMD ) Dari Kepolisian RI bagi Wna
  • PINDAH

    PENGANTAR SURAT KETERANGAN PINDAH

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir Surat Pindah dari Kelurahan
  • Pengantar SKCK dari Kelurahan
  • Kartu Keluarga Asli
  • KTP Asli
  • Pas Foto Ukuran 4 X 6
      • 4 Lembar = Pindah Antar Kelurahan / Kecamatan
      • 5 Lembar = Pindah Antar Kabupaten/ Kota
      • 6 Lembar = Pindah Antar Provinsi
      • Latar belakang Merah = Tahun Kelahiran Ganjil
      • Latar belakang Biru = Tahun Kelahiran Genap

  • PERKAWINAN

    PERSYARATAN PENDAFTARAN PENCATATAN PERKAWINAN

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir Keterangan Nikah dari Kelurahan (N1-N5)
  • Fc. KTP dan KK Kedua Mempelai (Menunjukan Aslinya)
  • Pas Foto Ukuran 2x3 Kedua Mempelai Sebanyak 1 Lembar
  • Fc. Surat Cerai / Surat Kematian apabila Pernah Menikah (Menunjukan Aslinya)
  • Jika Permohonan Wanita, Persyaratan di Tambah N1-N5 dari Pihak Laki-Laki

  • PERCERAIAN

    LEGALISASI PENGANTAR PENGAJUAN PERCERAIAN

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar / Keterangan Kelurahan
  • Fc KTP Dan Kartu Keluarga (KK) yang Masih Berlaku (Menunjukan Aslinya)
  • Fc. Surat / Akta Nikah (Menunjukan Aslinya)

  • SIM/ SKCK/ BEPERGIAN

    PENGANTAR PEMBUATAN SIM, SKCK DAN SURAT KETERANGAN BEPERGIAN

  • Pengantar RT / RW
  • Surat Pengantar Kelurahan
  • Menunjukan KTP Pemohon yang Masih Berlaku
  • Menujukan Kartu Keluarga (KK)
      (untuk Keterangan Berpergian )

  • WARIS

    SURAT KETERANGAN WARIS

  • Pengantar RT/ RW
  • Fc. Surat Keterangan Kematian Pewaris ( Menunjukkan Aslinya)
  • Fc. Surat Keterangan Kematian Ahli Waris yang Sudah Meninggal
  • Fc. KTP Dan Kartu Keluarga (KK) Ahli Waris yang Masih Berlaku
  • Fc. Sertifikat yang akan Diubah
  • Fc. KTP 2 (dua) Orang Saksi

  • SKTM

    SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) UNTUK KERINGANAN BIAYA SEKOLAH/ BEROBAT

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar / Keterangan dari Kelurahan
  • Menunjukan Kartu Keluarga Asli
  • Surat Rujukan Berobat dari Puskesmas (untuk Keringanan Berobat )

  • PBB

    LEGALISASI PERMOHONAN WAJIB PAJAK PBB ( PAJAK BUMI DAN BANGUNAN)

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar Keterangan dari Kelurahan
  • Blangko Permohonan Perubahan Wajib Pajak PBB yang telah Diisi (Blangko dari DPPKD)
  • Fc Perubahan Bukti Kepemilikan Tanah (Sertifikat)
  • Pemohonan Tertulis dari Pemohonan
  • Fc KTP yang Masih Berlaku (Menunjukan Aslinya)
  • Fc Bukti Lunas Pembayaran PBB Tahun Terakhir

  • PENGAJUAN KREDIT

    LEGALISASI PENGANTAR PENGAJUAN KREDIT

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar / Keterangan dari Kelurahan
  • Fc. Tanda Kepemilikan Jaminan (Sertifikat/ BPKB/Keteranagan Usaha)
  • Fc KTP Pemohon yang Masih Berlaku
  • Fc Tanda Lunas PBB Tahun Terakhir (untuk Jaminan Sertifikat)

  • TUNJANGAN KELUARGA

    LEGALISASI KETERANGAN PENGAJUAN TUNJANGAN KELUARGA

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar/ Keterangan Kelurahan
  • Fc. Kartu Keluarga (KK)

  • KARTU KUNING

    LEGALISASI PENGANTAR PENGAJUAN PERMOHONAN KARTU PENCARI KERJA (KARTU KUNING)

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar / Keterangan dari Kelurahan
  • Fc. KTP yang Masih Berlaku

  • IJIN GANGGUAN (HO)

    PENGANTAR PERMOHONAN IJIN GANGGUAN (HO)

  • Pengantar RT / RW
  • Fc. KTP Penanggung Jawab Perusahaan (Menunjukan Aslinya)
  • Fc. Sertifikat Atas Tanah / Bukti Kepemilikan Atas Tanah / Bukti Perolehan / Penguasaan Atas Tanah
  • Persetujuan Tertulis rari Tetangga atau Masyarakat yang Berdekatan di Sekitar Lokasi
  • Legalisasi Lurah

  • IMB

    PENGANTAR PERMOHONAN IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)

  • Pengantar RT / RW
  • Formulir Permohonan IMB yang telah diisi dengan Lengkap
  • Fc. KTP Pemohon (Menunjukan Aslinya)
  • Fc. Tanda Lunas PBB Tahun Terakhir
  • Surat Perstujuan Tetangga Sekitara untuk Bangunan Rumah Tinggal Bertingkat, Perusahaan, Industri, dan Menara/Tower Diketahui RT/RW dan Lurah Setempat
  • Untuk Bangunan Rumah Ibadah perlu dilampiri :
      • Daftar nama dan FC . KTP pengguna rumah ibadah paling sedikit 90 orang yang di sahkan pejabat setempat sesuai dengan tingkat batas wilayah
      • Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang disahkan oleh lurah
      • Rekomendasi tertulis Kepala Kantor Departemen Agama Kota Magelang
      • Rekomendasi tertulis dari FKUB Kota

  • IJIN USAHA

    PENGANTAR PERMOHONAN IJIN USAHA ( PERSEROAN TERBATAS, KOPERASI, CV/ FIRMA DAN USAHA PERSEORANGAN

  • Pengantar RT / RW
  • Pengantar Pembuatan SIUP dari Kelurahan
  • Fc. KTP Pemilik atau Direktur Utama atau Penanggung Jawab Perusahaan (Menunjukan Aslinya)

  • IUMK

    PERMOHONAN IJIN USAHA MIKRO KECIL

  • Pengantar RT / RW asli
  • Pengantar IUMK dari Kelurahan diketahui Camat
  • Fotocopy KTP Pemohon
  • Fotocopy KK Pemohon
  • Phas foto 4x6 2 lembar
  • Mengisi formulir IUMK

  • PEMERINTAH¬†KOTA MAGELANG

    KECAMATAN MAGELANG UTARA

    Jl. Jeruk Raya 20 D, Sanden.

    Telp. 0293 - 362146

    Magelang

    E-Mail : magelangutara.kecamatan20d@gmail.com