Tugas Pokok Dan Fungsi

 

         Tugas pokok dan fungsi dari masing-masing jabatan dalam organisasi Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang adalah sebagai berikut :

a.  Camat

Camat memiliki tugas pokok membantu Walikota dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan kepada Camat oleh Walikota di wilayah Kecamatan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Camat mempunyai fungsi sebagai berikut :

1.      Merumuskan dan menetapkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Kecamatan.

2.      Mengkoordinir dan mengarahkan pengelolaan keuangan , pengelolaan barang milik daerah serta urusan umum dan kepegawaian kecamatan.

3.      Mengkoordinir dan mengarahkan pelaksanaan program dan kegiatan pada sekretariat serta seksi-seksi di bawahnya.

4.  Melaksanakan dan mengendalikan tugas umum pemerintahan dan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan kepada Camat di wilayah kecamatan.

5.      Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat, upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan, serta pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana pelayanan umum.

6.      Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan.

7.      Mengendalikan pelaksanaan urusan pemerintahan umum.

8.      Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan kelurahan.

9.      Mengendalikan pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya.

10.  Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja perangkat daerah yang ada di kecamatan.

11.  Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan kecamatan.

12.  Memberi petunujk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

13.  Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.

14.  Menyelenggarakan tertib administrasi dan pelaporan pelaksanaan tugas / kegiatan Camat. 

15.  Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

b.  Sekretaris Kecamatan

 

Sekretaris Kecamatan memiliki tugas pokok membantu Camat dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian di lingkungan Kecamatan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Sekretaris Kecamatan memiliki fungsi :

1.         Menyusun rencana program dan kegiatan Sekretariat.

2.         Mengoordinasikan penyusunan dokumen perencanaan Kecamatan.

3.         Mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan tahunan Kecamatan.

4.         Mengoordinasikan penyusunan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran Kecamatan.

5.         Mengoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan di lingkup Sekretariat.

6.         Mengoordinasikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh Seksi di lingkup Kecamatan.

7.         Mengoordinasikan pengelolaan keuangan di lingkup Kecamatan.

8.         Mengoordinasikan pelaksanaan urusan umum, kerumah tanggaan, perlengkapan dan penatausahaan barang milik daerah di lingkup Kecamatan.

9.         Mengoordinasikan pelaksanaan urusan administrasi kepegawaian dilingkup Kecamatan.

10.     Mengawasi dan mengendalikan program dan kegiatan di lingkupSekretariat.

11.     Melaksanakan pengoordinasian terkait proses pengadaan barang/jasa di lingkup Kecamatan.

12.     Melaksanakan pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan Kecamatan.

13.     Melaksanakan  monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Sekretariat.

14.     Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

15.     Memberikan saran/pertimbangan kepadaatasan sebagai bahan masukan.

16.     Melaksanakan tertib administrasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sekretariat.

17.     Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan.

 

 

c.  Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan

 

Kepala Sub Bagian Program memiliki tugas pokok membantu Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan kegiatan penyusunan rencana program, evaluasi program kerja dan pelaksanaannya.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Penyusunan Program memiliki fungsi :

1.        Menyusun rencana  program dan kegiatan Sub Bagian Program.

2.        Menyiapkan vahan penyusunan dokumen perencanaan Kecamatan.

3.        Mengkoordinasikan penyusunan program dan kegiatan tahunan Kecamatan berdasarkan usulan dari Sekretartiat dan masing – masing Seksi.

4.   Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja anggaran Kecamatan berdasarkan usulan dari Sekretartiat dan masing – masing Seksi serta penyusunan dokumen pelaksanaan anggaran.

5.    Melaksanakan koordinasi dengan masing – masing Seksi dalam rangka proses pencairan keuangan terkait pelaksanaan program dan kegiatan Kecamatan.

6.        Melaksanakan tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan Kecamatan.

7.        Mengkoordinasikan penyusunan laporan keuangan Kecamatan.

8.        Mengkoordinasikan penyusunan laporan kinerja Kecamatan.

9.        Mengkoordinasikan penyusunan laporan akuntabilitas Kecamatan.

10.    Menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan program kegiatan Kecamatan.

11.    Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian program dan keuangan.

12.    Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

13.    Memberi saran / pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.

14.    Melaksanakan tertib adminstrasi dan pelaporan pelaksanaan tugas / kegiatan Sub Bagian program dan keuangan.

15.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan.

 

d.  Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan kegiatan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan serta administrasi kepegawaian di lingkungan dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

1.       Menyusun rencana program dan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

2.      Mengkoordinasian pelaksanaan urusan surat menyurat dan pengelolaan arsip.

3.      Mengkoordinasian pelaksanaan urusan rumah tangga dan urusan perlengkapan dilingkup Kecamatan.

4.      Mengkoordinasikan penatausahaan barang milik daerah di lingkup Kecamatan.

5.      Mengkoordinasikan pengelolaan administrasi kepegawaian di lingkup Kecamatan.

6.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian umum dan kepegawaian.

7.      Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

8.      Memberi saran / pertimbangan kepada atasan sebagai bahaan masukan.

9.      Melaksankan tertib administrasi dan pelaporan pelaksanaan tugas / kegiatan Sub Bagian umum dan kepegawaian.

10.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan.

 

 e.    Kepala Seksi Tata Pemerintahan

 

Kepala Seksi Tata Pemerintahan memiliki tugas pokok membantu Camat dalam bidang tata pemerintahan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Tata Pemerintahan mempunyai fungsi :

1.      Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan.

 2.   Menyiapkan dan menganalisis data dan informasi sebagai bahan perumusan kebijakan teknis Seksi Tata Pemerintahan.

 3.      Mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengalaman Pancasila,       pelaksanaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pemerataan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.      Mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.

5.      Mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan kerukunan antar suku dan intra suku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan lokal, regional dan nasional.

6.      Mengkoordinasikan penanganan konflik sosial sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan.

7.      Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas antar instansi pemerintahan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan memperhatikan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan, potensi serta keaneka ragaman daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

8.      Mengkoordinasikan pelaksanaan pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila.

9.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Seksi pemerintahan.

10.  Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

11.  Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.

12.  Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas / kegiatan Seksi pemerintahan.

13.  Melaksanakan tugas kedinasan kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

f.  Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan

 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat memiliki tugas pokok membantu Camat dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat memiliki fungsi sebagai berikut :

1.       Perencanaan    penyusunan    program    dan    kegiatan    Seksi   Pemberdayaan Masyarakat.

2.      Menyiapkan dan menganalisis data dan informasi sebagai bahan perumusan kebijakan teknis Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan.

3.       Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup Kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di Kelurahan dan Kecamatan.

4.       Mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap keselurahan unti kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kerja kecamatan.

5.       Melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta.

6.       Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum.

7.       Melaporkan pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di wilayah Kecamatan.

8.       Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Seksi pemberdayaan masyarakat dan pembangunan..

9.       Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

10.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.

11.    Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas / kegiatan Seksi pemberdayaan masyarakat dan pembangunan.

12.    Melaksanakan tugas kedinasan kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

g.  Kepala Seksi Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat

 

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum memiliki tugas pokok membantu Camat dalam bidang ketentraman dan ketertiban umum.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum memiliki fungsi  :

1.      Menyusun  rencana program dan kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum di wilayah kecamatan.

2.      Menyiapkan data dan informasi sebagai bahan perumusan kebijakan teknis ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

3.  Melakukan koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan kententraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan.

4.   Melakukan koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja Kecamatan untuk mewujudkan kentraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah Kecamatan.

5.      Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang – undangan.

6.      Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah uang tugas dan fungsinya di bidang penegakan peraturan perundang – undangan dan atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.

7.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kententraman, ketertiban umum dan Perlindungan Masyarakat.

8.      Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.

9.      Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.

10.  Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas / kegiatan Seksi Kententraman, ketertiban umum dan Perlindungan Masyarakat.

11.  Melaksanakan tugas kedinasan kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

h. Kepala Seksi Pelayanan Umum

 

Kepala Seksi Pelayanan Umum memiliki tugas pokok membantu Camat dalam bidang pelayanan umum.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Pelayanan Umum memiliki fungsi  :

1.      Menyusun  rencana program dan kegiatan Seksi Pelayanan Umum di wilayah kecamatan.

PEMERINTAH KOTA MAGELANG

KECAMATAN MAGELANG UTARA

Jl. Jeruk Raya 20 D, Sanden.

Telp. 0293 - 362146

Magelang

E-Mail : magelangutara.kecamatan20d@gmail.com